Membangun Jati Diri Aparatur Negara melalui Internalisasi Nilai-Nilai Agama

Thursday, January 22, 2009

Makna Simbol PPA


Makna keseluruhan simbol
  1. PPA merupakan konsep dasar pembinaan SDM berbasis spiri­tual dalam konteks pengawasan. Konsep tersebut berupa metodologi praktis pemberdayaan nilai-nilai agama yang diin­ter­nalisasikan dengan nilai kode etik dan manajemen pe­me­rin­tahan. PPA diletakkan di tengah dengan bingkai segi tiga mem­beri makna sebagai pusat ide pemberdayaan SDM dengan dimensi ilmu, iman dan amal.
  2. Melalui konsep tersebut diharapkan akan terwujud mentalitas aparatur pemerintahan berbasis spiritual yaitu keteladanan, kepemimpinan yang integratif, konsisten melakukan pembela­jaran, memiliki orientasi ke depan dan menguasai manajemen yang efektif dan efisien. Pada proses akhir diharapkan dapat terwujud nilai praksis para aparat pemerintah yang memiliki kemampuan dalam menetapkan visi, memiliki karakter mulia, pengendaalian diri yang kuat, mampu bersinergi dan siap melakukan aksi berupa karya nyata bagi kepentingan bangsa dan negara.
  3. Makna keseluruhan simbol adalah gambaran sistimatika dan metodologi pemberdayaan nilai agama melalui PPA, yang diawali dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai aplikasi dari tiga dimensi PPA yaitu ilmu, iman dan amal.

No comments:

Post a Comment